Teori Perilaku Politik dan Faktor Yang Mempengaruhinya


Teori Perilaku Politik dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Teori perilaku politik adalah sebagai salah-satu aspek dari ilmu politik yang berusaha untuk mendefinisikan, mengukur dan menjelaskan pengaruh terhadap pandangan politik seseorang, ideologi dan tingkat partisipasi politik. Secara teoretis, perilaku politik dapat diurai dalam tiga pendekatan utama yakni melalui pendekatan sosiologi, psikologi dan rasionalitas.

Faktor yang mempengaruhi perilaku politikSunting

berikut ini terdapat faktor yang dapat mempengaruhi perilaku politik individu:

  1. lingkungan sosial politik, seperti sistem politik, sistem ekonomi, sistem budaya, dsb. Hal tersebut dapat mempengaruhi karena apabila seorang individu yang berada pada sistem ekonomi dengan kedaan yang terbatas, maka dapat dipastikan bahwa individu tersebut memiliki perilaku politik yang kurang aktif, begitu pula sebaliknya.
  2. lingkungan sosial politik langsung yang mempengaruhi perilaku politik. apabila seorang individu tersebut pada lingkungannya dikelilingi sekelompok orang yang aktif dalam politik, maka secara langsung kepribadian tersebut dapat tertularkan.
  3. struktur kepribadian tercermin dari sikap individu. apabila individu tersebut memiliki sifat melek politik dan sadar akan ingin memajukan kondisi politik, maka individu tersebut akan aktif dalam politik.
  4. lingkuan sosial politik yang langsung. apabila dalam lingkungan individu tersebut sangat perlu untuk mendapatkan penanganan politik yang baik, demi kepentingan dan kemajuan masyarakat. maka, seorang individu tersebut dapat secara sadar untuk melakukan keaktifan kegiatan politik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s