Apakah Itu Ekonomi Politik Internasional ?

Ekonomi politik internasional (EPI), atau ekonomi politik global (EPG), adalah disiplin akademik dalam ilmu politik yang mempelajari ekonomi dan hubungan internasional. Sebagi studi lintas disiplin ilmu, EPI bergantung pada berbagai bidang akademik, terutama ekonomi politik, ilmu politik, ekonomi, sosiologi, sejarah, dan studi budaya.

Batasan akademik dan epistemologi EPI berubah-ubah. Dinamisme tersebut masih menjadi topik perdebatan. Perdebatan ini dipicu oleh status EPI sebaai bidang studi yang baru dan interdisipliner. Meski muncul ketidaksepakatan, para akademisi sepakat bahwa EPI peduli dengan cara kekuatan politik (negara, lembaga, individu, dll.) membentuk sistem interaksi ekonomi, dan efek yang dimiliki interaksi ekonomi (termasuk kekuatan pasar kolektif dan individu yang bertindak di dalam dan luar pasar) terhadap struktur politik.

Akademisi EPI berada di tengah-tengah perdebatan dan penelitian seputar globalisasi, baik dalam lingkup umum maupun akademik. Topik-topik lain yang mendapat perhatian besar dari akademisi EPI adalah perdagangan internasional (khususnya politik kesepakatan dagang dan hasil kesepakatan dagang), pembangunan internasional (kemiskinan dan peran lembaga dalam pembangunan), keuangan internasioal, pasar global, risiko politik, kerja sama antarnegara dalam penyelesaian masalah ekonomi lintas perbatasan, dan keseimbangan kekuasaan struktural antarnegara dan antarlembaga. Kekuasaan dalam EPI dianggap memiliki nilai ekonomi dan politik sehingga saling terkait secara rumit

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s