Presiden 100 Janji: Jokowi Kembali Langgar Janji, UN Tetap dilakukan

Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji pada rakyat bertekad membuat terobosan di dunia pendidikan apabila terpilih menjadi presiden. Salah satu program yang akan diakukannya adalah dengan menghapuskan Ujian Nasional (UN) di tingkat SD dan SMP. “Menurut saya UN untuk SD dan SMP lebih baik tidak ada,” kata Jokowi saat menghadiri Lokakarya Peningkatan Kualitas dan Kesejahteraan Guru di Hermes Palace Polonia Medan, Selasa (10/6/2014). Sementara untuk tingkat SMA, Jokowi menilai UN tetap bisa dilaksanakan. Namun, ujian itu tidak untuk dijadikan sebagai patokan kelulusan. Melainkan untuk pemetaan kualitas pendidikan saja.

seperti janji yang lain janji itu ternyata hanya tinggal janji. Dalam rapat terbatas (ratas) yang digelar di kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/12/2016), diputuskan bahwa Ujian Nasional (UN) tetap akan dilaksanakan pada tahun 2017. Bahkan, tetap akan menjadi salah satu penentu kelulusan siswa. Hal itu dikatakan, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. “Presiden telah memutuskan hal yang berkaitan dengan Ujian Nasional. Ujian nasional tetap diadakan, dijalankan dengan berbagai penyempurnaan dan perbaikan,” ungkap Pramono saat mewakili pemerintah memberikan keterangan pers, Senin (19/12/2016).

Pramono mengungkapkan salah satu pertimbangan presiden mengapa memutuskan UN tetap dilaksanakan adalah agar siswa bukan hanya menjadi petarung pada tingkat lokal saja, tetapi juga bisa bersaing pada tingkat internasional. Dengan kata lain, UN diharapkan tetap akan menjadi tolok ukur kemajuan pendidikan di Tanah Air.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir enggan berkomentar banyak perihal usulannya melakukan moratorium (penghentian sementara) UN, ditolak oleh presiden. Sambil berusaha menghindar, ia hanya mengungkapkan bahwa UN ke depannya akan dilakukan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Meskipun, diakuinya akan ada perbaikan kualitas guru.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s