Bandara Kertajati: 2010 Diinisiasi Rakyat, 2011 Dibangun Aher dan 2018 Tidak Sabar Diresmikan Jokowi

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka yang telah direncanakan tahun 2010, diinisiasi rakyat dan gubernur Jawa Barat tahun 2011 dan dikerjakan setelah itu akhirnya tahun 2018 Jokowi tidak sabar akan meresmikannya Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, bandara itu punya banyak keistimewaan. Pertama, lahirnya merupakan hasil inisiatif para tokoh dan masyarakat Jawa Barat. Kedua, bandara itu berada di daerah yang paling luas dan besar. Ketiga, karena lahir dari tokoh dan masyarakat Jawa Barat, bandara tersebut dimiliki masyarakat melalui BUMD Pemprov Jawa Barat. Namun seperti halnya proyek proyek besar lainnya yang dikerjakan oleh daerah dan dikerjakan oleh pemerintah sebelumnya, presiden Jokowi dan pemerintahannya ikut sibuk ikut mempblubikasikan dan meresmikannya.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, menjadi pelopor pengelolaan bersama antara BUMN dan BUMD. Setelah mencapai break event point (BEP), bandara itu bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat berkunjung ke area bandara kemarin. Gubernur yang akrab disapa Aher itu menyebut, Bandara Kertajati dikelola bersama oleh PT Angkasa Pura II dan BUMD Provinsi Jawa Barat, yakni PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Proses pembangunan BIJB juga dilandasi payung hukum dalam Perda nomor 13 Tahun 2010. Per Februari 2011, konstruksi belum dimulai, tetapi telah membersihkan 1.800 hektare untuk membangun bandar udara, sedangkan 500 hektare sekarang siap untuk dilakukannya proses pembangunan bandara. Sementara itu, jalan tol yang akan memberikan akses ke bandar udara telah dimulai pengerjaaan konstruksinya pada tahun 2011. Namun sayang sekali bandara Kertajati katanya dibuka pada tahun 2016 tetapi mundur menjadi tahun 2017 tiba-tiba mundur lagi menjadi tahun 2018.. “Setelah payback period 14 tahun baru dapat menghasilkan PAD bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ucap Aher.

Bandara Kertajati ditarget bisa beroperasi pada pertengahan 2018. Namun, saat ini bandara tersebut sebenarnya sudah siap untuk dioperasikan. Kamis pekan lalu, uji coba penerbangan kalibrasi sukses dilakukan. Untuk tahun pertama, bandara tersebut mematok target 2,4 juta penumpang.

Jokowi Tak Sabar Resmikan

Seperti proyek besar lainnya yang dikerjakan pendahulunya dan dikerjakan daerah. Presiden Jokowi dan pemerintah justru akan lebih sibuk saat mendekati selesainya proyek tersebut. Pemerintahpun juga tengah sibuk memplubikasikannya dengan memastikan progres pengerjaan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka hampir rampung. Diantaranya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan juga sibuk memplubikasikannya. Luhut seperti yang dilansir okezone mengatakan, bandara ini nantinya bakal menjadi yang terbesar kedua di Indonesia. “Kertajati kan sudah 92 persen selesai,” kata Menteri Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/4/2018). Luhut mengatakan, bahwa Presiden Jokowi juga sudah tak sabar untuk meresmikan bandara tersebut. Bahkan, Kepala Negara telah menanyakan kapan Bandara Kertajati bisa diresmikan. “Tadi Presiden tanya ‘kapan itu mau peresmiannya Pak Luhut?’,” ujar Luhut menirukan perkataan Presiden Jokowi.

Kepada Kepala Negara, lanjut Luhut, bahwa bandara tersebut ditargetkan bakal beroperasi menjelang keberangkatan haji. Sehingga, pengoperasian pertama bandara untuk mengantarkan jamaah haji dari embarkasi Jawa Barat. “Saya bilang, kita sih berharap haji pertama dari Jawa Barat itu nanti dari Kertajati dan itu lapangan terbang kedua terbesar setelah Cengkareng dan landasan pertama yang bisa mengakomodasi 380 terminalnya,” tandasnya.

Sumber: okezone dan jawapos.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s